Wednesday, July 27, 2016

KEBUTUHAN PELANGGAN


PANGSA PASAR PROYEK.


Pangsa pasar adalah (market segment) bagian dari keseluruhan permintaan suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti dari tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan juga status sosial. Market share ialah bagian pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dan seluruh potensi jual, biasanya dinyatakan dalam persentase. Atau Pangsa pasar (market share) adalah persentase total dari penjualan suatu perusahaan (dari seluruh sumber) dengan total penjualan jasa ataupun produk dalam industri.
Pangsa pasar merupakan bagian dari pasar yang dapat dicapai oleh perusahaan. Pangsa pasar dapat menjadi salah satu dari indikator meningkatnya kinerja pemasaran suatu perusahaan. Seperti misalnya sebuah perusahaan pada tahun 2007 mempunyai target pangsa pasarnya sebesar 13% dengan biaya promosi sebesar Rp. 35 juta untuk membantu mencapai targetnya tersebut, lalu pangsa pasar yang dicapainya mencapai 14%, maka hal tersebut menandakan kinerja dari perusahaan yang baik.
Jika pada tahun 2007 tersebut pangsa pasar yang dicapainya hanya sebesar 12% saja, maka itu menunjukan kinerja pemasaran yang kurang baik sebab perusahaan menghadapi masalah efesiensi dan masalah efektivitas. Terdapat beberapa faktor yang dapat ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak dapat mencapai target pangsa pasarnya yaitu target pangsa pasar yang terlalu tinggi, munculnya pesaing yang baru, menurunnya daya saing perusahaan, ataupun kegiatan promosi yang tidak bisa mencapai sasaran.
FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL.

1. Lingkungan Eksternal Mikro

Lingkungan eksternal mikro yaitu unsur-unsur yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi. Komponen-komponen lingkungan ekstern mikro yang paling berpengaruh dan penting adalah :
  • Para pesaing yang harus dihadapi perusahaan yang tercermin dari tipe, jumlah dan norma-norma perilaku organisasi pesaing
  • Langganan yang harus dilayani. Strategi, kebijakan dan taktik-taktik pemasaran perusahaan sangat bergantung pada situasi pasar dan langganan.
  • Lembaga-lembaga keuangan. Organisai perusahaan tergantung pada bermacam-macam lembaga keuangan, seperti perbankan, perusahaan asuransi, dan perusahaan pembiayaan.
  • Pasar tenaga kerja. Organisasi memerlukan sejumlah karyawan dengan bermacam-macam keterampilan, kemampuan, dan pengalaman.
  • Para penyedia barang atau suppliers. Setiap organisasi perusahaan sangat tergantung pada sumber-sumber dari sumber daya-sumber dayanya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku, bahan pembantu, dan lain-lain.
  • Perwakilan-perwakilan pemerintah. Suatu organisasi mesti tunduk dan mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh perwakilan pemerintah.
Selain komponen tersebut tentunya masing ada komponen-komponen lain yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi yang juga mesti diperhatikan, walaupun tingkat pengaruhnya berbeda. Misalkan saluran distribusi yang digunakan, media, asosiasi-asosiasi bisnis, kelompok-kelompok pecinta lingkungan, dan kelompok-kelompok politik tertentu yang sebagian besar merupakan perwujudan potensi pengaruh lingkungan ekstern makro.
    2. Lingkungan Ekternal Makro

    Lingkungan eksternal makro mempengaruhi organisasi dengan dua cara, yaitu :
    • Kekuatan-kekuatan di luar tersebut mempengaruhi suatu organisasi secara langsung atau secara tidak langsung melalui satu atau lebih unsur-unsur lingkungan eksternal mikro.
    • Unsur-unsur lingkungan makro menciptakan iklim, di mana organisasi ada dan harus memberikan tanggapan. Misalnya kecanggihan teknologi, keadaan perekonomian, dan perubahan-perubahan sosial.
    Jadi pada garis besarnya, lingkungan eksternal makro merupakan unsur-unsur yang tidak berpengaruh langsung terhadap kegiatan organisasi, yang meliputi  teknologi,  ekonomi, politik, dan sosial yang mempengaruhi iklim di mana organisasi beroperasi dan mempunyai potensi menjadi kekuatan-kekuatan sebagai lingkungan eksternal mikro. (Bahan bacaan : Manajemen, T. Hani Handoko)

    Sekian dari postingan saya kali ini. jika ada salah dalam penulisan saya mohon maaf. semoga dapat bermanfaat. terimakasih.

    SUMBER BACAAN :

    No comments:

    Troubleshooting DHCP server

    Troubleshooting DHCP server Oleh : fandhi yulian mayori 1.       Review Pengenalan DHCP  server DHCP (Dynamic Configuratio...