Wednesday, November 9, 2016

Troubleshooting mail server

Troubleshooting mail server
Oleh : fandhi yulian mayori






1.      Review Pengenalan protokol SMTP (outgoing email)

SMTP Server : Saat anda mengirimkan email maka email anda akan ditangani SMTP Server dan akan dikirim ke SMTP Server tujuan, baik secara langsung maupun melalui beberapa SMTP Server dijalurnya. Apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan dimasukan ke dalam queue dan di resend setiap 15 menit, apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim. (Radia, 2015)

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak. (STRIFE, 2013)

2.      Review instalasi dan konfigurasi mail server

Langkah-Langkah :

Ø  Sebelum konfigurasi Web Mail Server, pahami dulu tentang Web Server Linux, dan Mail Server Linux
- masuk pada direktory /etc/apache2/sites-enabled/000-default
- konfigurasi file 000-default




Ø  Tambahkan virtualhost di line paling bawah,
- ServerName adalah alamat dari domain maupun subdomain dari web server
-ServerAlias adalah alat domain alternatif dari web server.
- DocumentRoot adalah direktory dari halaman yang akan anda tampilkan /usr/share/squirrelmail (default tempat dari squirrelmail)


Ø  Install paket squirrelmail.
-paket squirrelmail ini cukup besar ukurannya, karena meyimpan banyak script html.


Ø  Restart Service apache2.



Ø  Masukkan alamat dari subdomain web server anda,(mail.kelompok1.com).
-pastikan anda sudah memiliki user dan password, kalau belum silakan buka cara konfigurasi mail server linux.


Ø  Proses berikirim mail.


Ø  Proses Menerima mail. (zonatkj, 2015)






3.      Inbond troubleshooting

Langkah-langkah berikut menganggap:

Seorang pengguna John (john@BusinessPartner.com) ingin mengirim email ke Mary (mary@YourCompany.com)
John adalah pengguna di Internet yang mungkin atau mungkin tidak menggunakan Xeams
Maria adalah pengguna pada jaringan Anda dan email nya melewati Xeams

           

Langkah 1 - John mengirim email ke Mary. John SMTP server menerima pesan.

Langkah 2 - Johns server SMTP tidak lookup MX untuk menemukan alamat IP dari server SMTP Maria. Jika John SMTP server tidak dapat menemukan catatan MX, maka akan menghasilkan NDR (laporan tidak terkirim) kembali ke John memberitahukan server tidak ditemukan.

Langkah 3 -. Pesan melewati firewall Maria

Langkah 4 - Pesan diterima oleh Xeams.

Langkah 5 - Pesan melewati beberapa filter. Setiap filter memberikan skor.

Langkah 6 -. Pesan disimpan di repositori lokal
           
Langkah 7 - Pesan diteruskan ke server email perusahaan. (Berlaku di Spam Filter atau dalam mode Hybrid ). Merujuk ke file SMTPOuboundConversation.log untuk melihat apakah pesan berhasil diterima oleh server penerima. Anda juga bisa mengacu pada penebangan apapun yang tersedia di server email perusahaan Anda.

Langkah 8 - Pesan yang diambil oleh pengguna. (Berlaku di Berdiri Sendiri atau dalam mode Hybrid ). Pesan baik diambil dengan menggunakan IMAP atau protokol POP3. (xeams, 2015)

4.      Outbond trouble shooting

Web Proxy klien tidak dapat meng-upload ke situs FTP

Gejala: Web Proxy klien tidak dapat meng-upload ke situs FTP. Pesan berikut mungkin muncul: "Folder FTP_Name adalah read-only karena server proxy tidak diatur untuk memungkinkan akses penuh."

Masalah: Ketika komputer klien membuat permintaan sebagai klien Web proxy, permintaan FTP dilewatkan melalui HTTP, dan hanya download FTP yang didukung.

Solusi: Instal Firewall Client untuk ISA software Server untuk mengkonfigurasi komputer sebagai klien Firewall, atau mengkonfigurasi komputer sebagai klien SecureNAT. Untuk informasi lebih lanjut tentang konfigurasi klien, lihat "Konsep Client internal di ISA Server 2006" di ISA Server TechCenter . Anda mungkin tidak harus menghapus pengaturan Web proxy pada klien. Misalnya, browser seperti Internet Explorer akan mencoba untuk membuat permintaan klien SecureNAT sebelum membuat permintaan Web proxy. Sukses tergantung pada kemampuan browser untuk menyelesaikan nama server FTP ke alamat IP. (google, 2011)


DOWNLOAD FILE WORD DI BAWAH INI

DAFTAR PUSTAKA


google. (2011). Troubleshooting Outbound Spam Scanning. Retrieved november 10, 2016, from google: https://www.google.com/support/enterprise/static/postini/docs/admin/en/admin_ee_cu/outbound.26.11.html
Radia, V. (2015, april). Pengertian Lengkap dan Cara Kerja Mail Server. Retrieved november 10, 2016, from BEGAL TECHNOLOGY: http://begal-tech.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-lengkap-dan-cara-kerja-mail.html
STRIFE, R. (2013, maret). pengertian SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol). Retrieved november 10, 2016, from ilmu mahasiswa: http://rudi-strife.blogspot.co.id/2013/03/pengertian-smtp-simple-mail-tranfer.html
xeams. (2015, desember 15). Troubleshooting problems related to in-bound emails. Retrieved november 10, 2016, from xeams: http://www.xeams.com/troubleshootinginbound.htm
zonatkj. (2015, maret). Instalasi Dan konfigurasi Web Mail Server Linux Debian 7 Bergambar. Retrieved november 10, 2016, from Zona TKJ - Teknik Komputer dan Jaringan: http://www.zonatkj.net/2015/03/instalasi-dan-konfigurasi-web-mail-server-debian7-bergambar.html




NAMA            : FANDHI YULIAN MAYORI
SEKOLAH     : SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO          : KEGAGALAN ADALAH KUNCI DARI KESUKSESAN


No comments:

Troubleshooting DHCP server

Troubleshooting DHCP server Oleh : fandhi yulian mayori 1.       Review Pengenalan DHCP  server DHCP (Dynamic Configuratio...