Wednesday, August 3, 2016

PEMBENTUKAN TIM KERJA

PEMBENTUKAN TIM KERJA
Oleh : fandhi yulian mayori

PERAN KEPEMIMPINAN
Sebelum membahas tentang pembagian peran kepemimpinan terlebih dahulu kita akan memaparkan tentang pengertian peran kepemimpinan itu sendiri. Kepemimpinan adalah adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi ke arah pencapaian tujuan. Dalam pengertian lain kepemimpinan adalah kemampuan dan keterampilan seseorang yang menduduki jabatan sebagai pimpinan satuan kerja untuk mempengaruhi orang lain, terutama bawahannya, untuk berfikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga melalui perilaku yang positif ia memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.
Sedangkan pengertian peran adalah perilaku yang diatur dan diharapkan dari seseorang dalam posisi tertentu. Jadi dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa peranan kepemimpinan adalah seperangkat perilaku yang diharapkan dilakukan oleh seseorang sesuai kedudukannya sebagai seorang pemimpin.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kepemimpinan dapat berperan dengan baik, antara lain:
1. Yang menjadi dasar utama dalam efektivitas kepemimpinan bukan pengangkatan atau penunjukannya, melainkan penerimaan orang lain terhadap kepemimpinan yang bersangkutan
2. Efektivitas kepemimpinan tercermin dari kemampuannya untuk tumbuh dan berkembang
3. Efektivitas kepemimpinan menuntut kemahiran untuk “membaca” situasi
4. Perilaku seseorang tidak terbentuk begitu saja, melainkan melalui pertumbuhan dan perkembangan
5. Kehidupan organisasi yang dinamis dan serasi dapat tercipta bila setiap anggota mau menyesuaikan cara berfikir dan bertindaknya untuk mencapai tujuan organisasi. (Ihsan, 2009)
Dalam pengertian lain kepemimpinan adalah kemampuan dan keterampilan seseorang yang menduduki jabatan sebagai pimpinan satuan kerja untuk mempengaruhi orang lain, terutama bawahannya, untuk berfikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga melalui perilaku yang positif ia memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi. Sedangkan penertian manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota organsasi serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujaun organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya. (herususilofia, 2014)





KETERBUKAAN DAN SALING PERCAYA
 Kelompok merupakan sekumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan kerja sama yang baik antar anggotanya. Dalam membangun kerjasama kelompok diperlukan rasa saling percaya, saling menghargai, keterbukaan, dan saling ketergantungan.
            Dalam suatu organisasi sangat diperlukan adanya suatu kerja sama kelompok (teamwork) agar anggotanya dapat saling berhubungan dan bekerja sama satu sama lain. Suatu organisasi atau perusahaan, biasanya terdiri atas beberapa bagian atau unit kerja, dimana masing-masing bagian atau unit kerja tersebut tidak berdiri sendiri, tetapi saling berkaitan satu sama lain. (Tamba, 2015)

KOMUNIKASI
Secara sederhana komunikasi adalah suatu proses penyampaikan informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya ataupun dimengerti/dipahami olehnya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. (nehemiapath, 2011)
Dalam sebuah kelompok atau organisasi, komunikasi memiliki empat fungsi utama yaitu : kontrol, motivasi, ekspresi emosional, dan informasi.

                        Komunikasi dengan cara-cara tertentu bertindak untuk mengontrolperilaku anggota. Ketika karyawan, misalnya, diwajibkan untuk pertama-tama mengomunikasikan segala keluhan terkait pekerjaan kepada atasan langsung mereka, untuk mengikuti deskripsi kerja mereka, atau untuk mematuhi segala kebijakan perusahaan, komunikasi sedang menjalankan fungsi kontrolnya. Tetapi, komunikasi informal juga mengontrol perilaku. Ketika kelompok kerja menggoda atau mencela salah seorang anggotanya bekerja terlalu rajin (dan membuat anggota-anggota yang lain tampak buruk), mereka secara informal berkomunikasi dengan, dan mengontrol, perilaku anggota tersebut. (Murti, 2015)

DOWNLOAD DISINI



DAFTAR PUSTAKA

herususilofia. (2014, desember). herususilofia. Retrieved august thursday, 2016, from http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/: http://herususilofia.lecture.ub.ac.id/files/2014/12/Peran-Kepemimpinan.pdf
Ihsan, M. (2009, August Wednesday). RUANG IHSAN. Retrieved august thursday, 2016, from RUANG IHSAN: http://ruang-ihsan.blogspot.co.id/2009/08/peran-kepemimpinan-dalam-pengambilan.html
Murti, A. (2015, januari rabu). TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR. Retrieved august thursday, 2016, from http://ariyomurti.blogspot.co.id/: http://ariyomurti.blogspot.co.id/2015/01/memahami-kerja-sama-tim-dan-komunikasi.html
nehemiapath. (2011, october thursday). nehemiapath. Retrieved august thursday, 2016, from nehemiapath: https://nehemiapath.wordpress.com/2011/10/20/komunikasi-di-dalam-tim/

Tamba, F. C. (2015, june). Fanidya Cinthya Tamba. Retrieved august thursday, 2016, from Fanidya Cinthya Tamba: http://fanidyacinthyatamba.blogspot.co.id/2015/06/bekerjasama-dalam-team-kelompok-atau_24.html




nama : fandhi yulian mayori
sekolah : smki islam 1 blitar

No comments:

Troubleshooting DHCP server

Troubleshooting DHCP server Oleh : fandhi yulian mayori 1.       Review Pengenalan DHCP  server DHCP (Dynamic Configuratio...