Prinsip Pembuatan Buku
panduan
1. Prinsip relevansi
Prinsip relevansi; secara internal bahwa
kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan,
bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa
komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan
dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik
(relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat
(relevansi sosilogis). (SUDRAJAT, 2008)
Prinsip ini merupakan prinsip dasar yang
paling dasar dalam sebuah kurikulum. Prinsip ini juga bisa dikatakan sebagai
rohnya sebuah kurikulum. Artinya apabila prinsip ini tidak terpenuhi dalam
sebuah kurikulum, maka kurikulum tersebut tidak ada lagi artinya; kurikulum
menjadi tidak bermakna. Prinsip relevansi mengandung arti bahwa sebuah
kurikulum harus relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
(IPTEK) sehingga para siswa mempelajari iptek yang benar – benar terbaru yang
memungkinkan mereka memiliki wawasan dan pemikiran yang sejalan dengan
perkembangan jaman. Relevan dengan kebutuhan dan karakteristik siswa, artinya
suatu kurikulum harus sesuai dengan potensi intelektual, mental, emosional dan
fisik para siswa. Apabila prinsip tidak terlaksana dalam kurikulum yang nyata
maka potensi yang dimiliki anak tersebut tidak berkembang sebagai potensi yang
diperlukan dalam melaksanakan tugas dan kehidupannya. Relevan dengan kebutuhan
karakteristik masyarakat artinya kurikulum harus membekali para siswa dengan
sejumlah keterampilan pengetahuan dan sikap yang sesuai dengan kondisi
masyarakatnya. Apabila tidak terlaksana maka siswa tidak dapat beradaptasi dan
berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat. (MATEMATIKA)
2. Prinsip konsistensi
Berdasarkan standar auditing, dalam suatu
audit, seorang auditor harus mengamati konsistensi penerapan prinsip akuntansi
yang digunakan kliennya dalam penyusunan laporan keuangan pada periode
akuntansi yang bersangkutan. Tujuan standar konsistensi tersebut adalah untuk
memberikan jaminan bahwa auditor puas mengenai daya banding laporan keuangan di
antara dua periode akuntansi tidak dipengaruhi secara material oleh perubahan
prinsip akuntansi dan bahwa prinsip akuntansi tersebut telah diterapkan secara
konsisten di antara dua atau lebih periode akuntansi baik karena (1) tidak
terjadi perubahan prinsip akuntansi, atau (2) terdapat perubahan prinsip
akuntansi atau metode penerapannya, namun dampak perubahan prinsip akuntansi
terhadap daya banding laporan keuangan tersebut tidak material.
Jika daya banding laporan keuangan di antara
dua periode dipengaruhi secara material oleh perubahan prinsip akuntansi, maka
auditor harus mengungkapkan perubahan tersebut dalam laporannya. (wikipedia,
2010)
Prinsip Konsistensi adalah prinsip dimana
metode atau prinsip akuntansi yang digunakan dalam pelaporan keuangan tetap
digunakan secara konsisten, tidak berubah-ubah metode dan prosedur. (Nicho, 2015)
3. Prinsip kecukupan
Prinsip kecukupan, artinya materi yang
diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi
dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh
terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai SK dan KD.
Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak
perlu untuk mempelajarinya. (Prisnamasari, 2014)
DAFTAR PUSTAKA
MATEMATIKA, P. (n.d.). PRINSIP, MODEL, dan TAHAP
PENGEMBANGAN KURIKULUM. Retrieved august wednesday, 2016, from PENDIDIKAN
MATEMATIKA:
http://pmat.uad.ac.id/prinsip-model-dan-tahap-pengembangan-kurikulum
Nicho, E. (2015, june). 10 Prinsip Prinsip
Akuntansi yang Sering Terlupakan. Retrieved august wednesday, 2016, from
AKUNTANSI & MANAJEMEN:
http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/06/Prinsip-Prinsip-Akuntansi.html
Prisnamasari, T. (2014, desember). MAKALAH
PRINSIP-PRINSIP BAHAN AJAR. Retrieved august wednesday, 2016, from
KUMPULAN ARTIKEL:
http://kumpulanertikel.blogspot.co.id/2014/12/makalah-prinsip-prinsip-bahan-ajar.pdf
SUDRAJAT, A. (2008, january). Prinsip
Pengembangan Kurikulum. Retrieved august wednesday, 2016, from tentang
PENDIDIKAN :
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/31/prinsip-pengembangan-kurikulum/
wikipedia. (2010, april). Konsistensi.
Retrieved august wednesday, 2016, from wikipedia:
https://id.wikipedia.org/wiki/Konsistensi
NAMA : fandhi yulian mayori
SEKOLAH : SMKISLAM 1 BLITAR
HOBY : reading
MOTTO : berusahalah keras , pantang menyerah.
No comments:
Post a Comment